Pages

Senin, 22 Oktober 2012

Tentang Burung


Burung
Binatang yang memiliki Bulu dan Sayap


Eh, ketemu lagi sobat-sobat ane semua… Gimana kabarnya? Sehat-sehat aja kan… Setelah berminggu-minggu ane ngga nge-Post gara-gara males, sekarang ane udah mau nge-Post lagi…

Nah, sekarang ane mau sharing tentang “Burung”. Burung itu adalah anggota kelompok hewan bertulang belakang (vertebrata). Jenis-jenis burung itu tuh bervariasi, mula dari kolibri yang kecil mungil sampe burung unta yang lebih gede dari manusia. Burung itu termasuk dalam jenis Aves. Burung itu berkembang biak dengan bertelur. Hampir seluruh tubuhnya ntu berbulu dan suhunya antara 380-450C.

Intermezzo :
Coba deh, sobat-sobat dengerin kicauan burung sekitar kita! Sangat merdu kan? Selain merdu, burung pun memiliki bulu-bulu yang indah. Ternyata, di dunia ini terdapat ribuan jenis burung dengan berbagai bentuk, warna, dan ukuran. Di seluruh dunia diperkirakan terdapat sekitar 8.800 hingga 10.200 jenis burung. Dan harus bilang WOW!. Bahkan 1.500 jenis diantaranya dapat ditemukan di Indonesia.
“Sobat-sobat ane semua pada tau nggak, kalo burung itu udah ada sejak zaman Dinosaurus? Mau tau? Ikuti terus Postingan Blog ini, akan dijelaskan di Sekmen JELAJAH ALFI.”


Anatomi Burung

Hampir semua tulang burung tu memiliki rongga sehingga bobot tubuhnya jadi ringan. Sayapnya dikendalikan otot kuat yang menempel pada tunas di sepanjang tepi tulang dada. Umumnya, tubuh burung berisi otot, jantung, paru-paru, dan sistem pencernaan.

Bulu dan Sayap

Tubuh burung ditutupi dengan bulu. Sebagian burung, sepeti wren dan pipit, berbulu coklat sebagai alat penyamaran. Burung lainnya berbulu cerah dengan pola warna yang memesona. Warna-warni bulunya berfungsi sebagai tanda pengenal, terutama untuk saling mengenali ketika memilih pasangan pada musim kawin serta menjaga keutuhan anggota jenisnya.

Jelajah Alfi


Nah, ane sekarang mau jelasin tentang “Burung yang sudah ada sejak zaman Dinosaurus”. Menurut sejarah, buruh sudah hidup sejak zaman dnosaurus atau sekitar 150 juta tahun yang lalu. Hal itu terungkap dengan ditemukannya fosil burung pertama yang diberi nama Archaeopteryx. Setidaknya udah tujuh fosil yang ditemukan dalam sedimen batu gamping di pinggir danau laut dangkal, kawasan Jerman Selatan. Ukuran burung itu sekitar sebesar burung camar. Selain itu, burung ini memiliki tiga cakar di setiap ujung sayapnya serta memiliki paruh yang dilapisi dengan lebih dari 40 gigi. Padahal, kita semua tuh tau bahwa saat ini nggak ada seekor burung pun yang memiliki gigi. Burung ini biasanya memanjat pohon, tempat dia meluncurkan diri dan melayang.

Wah, Materi Bahan Ajaran Pokok tentang Burung masih panjang…. Kalo mau baca lagi tentang Burung,, Ikuti terus Postingan Blog ini di Episode ke -2.. See You

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites