Pages

Sabtu, 03 November 2012

Tanaman Khas Indonesia


Tanaman Khas Indonesia
Nah, dari pada bosen dengan post-post ane yang kaya begituan aja, mending liat post yang ini aja !!

Sepuluh Tanaman Khas Indonesia

Ø Pala

Tanaman ini adalah asli Indonesia. Habitatnya berada di Kepulauan Maluku. Pala sangat digemari sejak abad XII dan sempat dianggap lebih mahal dari emas.

Ø Melinjo

Tanaman melinjo merupakan tanaman asli Asia Tenggara. Habitat aslinya adalah di dalam hutan, tetapi kemudian dibudidayakan oleh petani.

Ø Lengkuas (Laos)

Tanaman bumbu ini habitat aslinya adalah dari Pulau Jawa dan Semenanjung Malaysia. Tanaman ini masih satu keluarga dengan jahe yang berasal dari China.

Ø Cengkeh

Tanaman khas Maluku ini dahulunya sangat berharga dan menjadi salah satu alasan bangsa kita menjadi sasaran penjajah.

Ø Anggrek

Indonesia memiliki sekitar 800 spesies asli dari tanaman yang sangat digemari di berbagai belahan dunia ini. Bahkan, spesies anggrek hasil kawin silang mencapai ribuan jenis.

Ø Kantil

Bunga ini asli dari wilayah Asia Tenggara dan banyak dipergunakan dalam upacara tradisional adat Jawa dan Bali. Minyak bunga ini sering digunakan untuk wewangian.

Ø Kamboja

Walaupun habitat aslinya adalah dari Kepulauan Karibia, tanaman ini praktis termasuk dalam tanaman khas Indonesia. Di Bali, tanaman ini digunakan dalam upacara keagamaan, sedangkan di Jawa sering ditanam di pemakaman.

Ø Petai

Tanaman yang buahnya mempunyai bau khas ini memiliki habitat asli di pedalaman hutan Indonesia dan Malaysia.

Ø Durian

Buah durian adalah buah khas Indonesia yang sangat populer.

Ø Kayu Meranti

Apabila kita sering prihatin dengan penebangan hutan, tidak lain karena adanya kayu yang tumbuh di Kalimantan ini. Bahan dasar kayu lapis ini merupakan salah satu penyumbang devisa negara yang utama.

Kalo postingan ini, ane salin juga dari buku : Three Midea

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites