Pages

Sabtu, 22 September 2012

Sel Tubuh

Sel
Makhluk Terkecil Pembentuk Tubuh

Jumpa lagi sobat-sobat ane semua. Sekarang, kita masuk ke pembelajaran pertama! Eh, *kaya guru aja*, maksudnya kita masuk ke postingan blog ane pertama ,yang mudah-mudahan berguna, Amiin.. Sekarang, ane mau sharing aja tentang “Sel”.

Sobat-sobat ane semua, tubuh kita nggak sekadar disusun dari rangkaian kepala,badan,tangan,kaki,dan organ lainnya aja. Lebih dari itu, setiap bagian tubuh kita juga terbentuk lagi dari bagian-bagian lain yang sangat kecil/imut-imut. Bagian terkecil dari tubuh kita yaitu sel. “Coba deh, ane tantangin sobat-sobat, gimana caranya liat sel yang paling gampang selain dengan Mikroskop… Mau tau? Terusin dulu deh baca postingan ini”.. sel itu unit terkecil yang menjadi dasar kehidupan dalam arti biologis. Semua fungsi kehidupan diatur dan berlangsung di dalam sel, termasuk semua fungsi tubuhmu. Wahh, bener-bener Anugerah dari Tuhan kita semua Yang Maha Pencipta.

Ukuran Sel
Sel di dalam tubuh kita semua nih, memiliki berbagai ukuran. Dari sel darah merah yang ukurannya 0,00076 mm. Meskipun ukuran sel sangat kecil dan tidak dapat dilihat oleh mata telanjang, kehidupan kita semua bergantung sama perilaku sadar makhluk-makhluk mungil ini. Bayangin aja, tanpa adanya sesuatu yang semungil-mungilnya itu >> gak akan ada kita di dunia ini deh.
Wow! > Ribuan sel tubuh yang berkumpul bersama hanya menempati ruang yang tidak lebih besar dari ujung jarum. (Suatu keajaiban).

Jumlah Sel
Tubuh manusia dewasa rata-rata terdiri atas 75.000.000.000.000 sel, bagi yang kebingungan baca tuh angka, bisa dibaca: tujuh puluh lima triliun sel. Dan Wow! Lagi.. Apabila kita jajarkan, sel-sel itu kira-kira akan membentuk rantai sepanjang 57.000 kilometer. Setara nih, sama dengan jarak pulang-pergi dari Bandung ke Jakarta. Luar biasa bukan? Yaah, syukurlah, sel-sel ini sangat kecil sampe tubuh kita nggak berukuran raksasa.

Struktur Sel

Sebelumnya, maaf ya gak usah dijelasin penjelasannya.. panjang-panjang soalnya. Nih, hanya strukturnya aja :
1.      Membran sel,
2.      Ribosom,
3.      Retikulum endoplasma kasar,
4.      Retikulum endoplasma halus,
5.      Membran inti,
6.      Tetes lipid,
7.      Badan golgi,
8.      Nukleus (inti) dan Nukleolus,
9.      Kromatin,
10.  Sitoskeleton,
11.  Sentriol,
12.  Lisosom,
13.  Mitokondria,
14.  Sitoplasma.


Wow!> Setiap sel ibarat sebuah pabrik yang sangat dinamis,efektif,dan efisien. Jadi, dalam tubuh kita seakan-akan terdapat triliunan pabrik dengan berbagai jenis produk yang diperlukan tubuh.

Di dalam sel tubuh berlangsung aneka proses yang jumlahnya lebih banyak daripada proses pekerjaan yang ada di pabrik-pabrik kini.

Oh, iya. Ane mau ngejawab tantangan ane sendiri nih yang udah ane tantangin, tepatnya di bagian pertama “Sel”. Tantangannya yang: “Coba deh, ane tantangin sobat-sobat, gimana caranya liat sel yang paling gampang selain dengan Mikroskop… Mau tau? Terusin dulu deh baca postingan ini”. Sobat-sobat ane mau mengamati sel tanpa mikroskop? Nih dia, “Ambil aja sebutir telur. Misalnya telur ayam, telur ini terdiri atas satu sel tunggal yang berukuran sangat besar. Sel inilah yang menjadi cikal bakal seekor ayam”.

Pecahkan kulit telur itu, lalu tuangkan di sebuah wadah. Sobat-sobat pasti ngeliat kuning telur.  
Ini dia yang disebut Inti Sel. Telur ayam adalah satu jenis sel yang unik. Mengapa hayo? ?..Karena telur ayam memiliki kulit luar yang melindungi bagian sel. Asal tau aja sobat, tidak semua sel memiliki kulit luar.

Nah, udah kejawab kan tantangan ane, mungkin sobat-sobat ane udah ada yang pada tau, tapi gak apa-apalah buat yang belum tau. Hanya sharing aja..

Haaahh, selesai deh postingan ane pertama,  semoga bermanfaat yaa… Jangan lupa komentarnya.. See you again in the Next Post.
Alfilail’s Blog..

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites